Apr 7, 2008

Yang Perlu Diperhatikan dalam Desain Website

  1. Kegunaan.

    Apa fungsi dari website yang akan dibangun. Kita harus menentukan apa yang akan dicapai dalam membuat website. Hal ini akan memberikan gambaran mengenai apa yang harus dikerjakan. Misalkan anda akan membangun website untuk :

  • Menjual Produk

  • Menyediakan Informasi.

  • Promosi Diri.

  • Entertainment.

  1. Tujuan.

    Apa tujuan yang akan anda dapatkan dari adanya website. Apakah itu untuk memperoleh keuntungan finansial atau untuk berbagi informasi, ataukah kedua-duanya.

  2. Target Pengunjung.

    Siapa saja yang diharapkan akan mengunjungi website anda? Pengunjungnya dapat berdasarkan usia, lokasi, pemdidikan, teknologi atau semua segment.

  3. Content.

    Apa saja yang akan disajikan dalam website anda. Apakah informasi, hiburan , atau e-commerce. Content harus dapat mendukung tujuan dari website anda serta target pengunjung. Sehingga pahamilah apa yang diinginkan dari pengunjung.

  4. Gaya.

    Gaya yang akan anda gunakan dalam desain website juga sangat penting dan diselaraskan dengan hal-hal diatas. Misal, target pengunjung website anda adalah anak-anak isinya juga menarik bagi mereka. Untuk pengunjung yang remaja atau ABG gaya yang digunakan misalnya funky. Maka perhitungkan dengan benar sasaran pembaca website anda dan gaya yang dipakai.

  5. Teknologi.

    Tentukan teknologi yang anda gunakan untuk membangun website, apakah cukup hanya dengan HTML saja atau perlu interaksi dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti Cold Fussion, PHP, ASP, PELS, Java, dan lain-lain.

1 comment:

Anonymous said...

Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
http://www.infogue.com/
http://www.infogue.com/software/yang_perlu_diperhatikan_dalam_desain_website/