Apr 4, 2008

Unsur-unsur Penting Website

  1. Listings.

    Beberapa netters menghabiskan waktu berjam-jam untuk mencari situs-situs kesukaannya lalu mengumpulkannya menjadi suatu daftar (listings). Kita juga dapat berbagi situs web yang kita sukai dengan menyertakan link ke halaman situs tersebut.

  2. Gambar.

    Gambar merupakan penghias yang baik untuk sebuah halaman web. teks sudah tentu merupakan sumber informasi yang esensial, akan tetapi gambar akan lebih banyak menyedot perhatian orang. Namun perlu diingat bahwa penggunaan gambar yang banyak serta ukuran file yang besar akan mempengaruhi waktu akses situs tersebut.

  3. Formulir.

    Salah satu kelebihan internet adalah kita dapat bertukar informasi dengan pengguna internet yang lain. Karena internet merupakan media yang interaktif, kita dapat menempatkan kuisioner online. Jika kita ingin mengetahui pendapat orang lain maka perlu kita tempatkan kuisioner di situs kita, akan tetapi harus diingat perlunya menjaga privasi orang lain serta kerahasiaan informasi yang diberikan. Jelaskan maksud pembuatan kuisioner tersebut, jangan meminta alamat email mereka dan jangan memberikan informasi tersebut kepada orang lain.

  4. Kontak Email.

    Cara lain untuk mendorong pengunjung berkomunikasi dengan anda adalah dengan mencantumkan alamat email anda di situs tersebut. Dengan mengklik email yang langsung terhubung ke alamat anda, pengunjung dapat memberikan komentar, pendapat serta gagasannya.

  5. Animasi.

    Animasi dibuat pada program grafik. Akan ada beberapa resiko lain dari penggunaan animasi yaitu waktu akses akan sangat terbebani dengan file ukuran besar dan dengan penggunaan animasi perhatian pengunjung akan tertuju pada animasi bukan informasi.

  6. Suara.

    Jika ingin menyertakan suara di halaman web, rekamlah dengan program seperti file AVI kemudian tempelkan pada halaman situs.

  7. Counter.

    Asesori ini digunakan untuk menghitung jumlah pengunjung pada suatu situs.

  8. Kalender.

    Kalender dapat digunakan agar halaman situs tetap mutakhir. Tanggal dan waktu disesuaikan dengan otomatis sehingga halaman akan selalu mutakhir walaupun isi tetap sama.


No comments: